MANFAAT SUSU KAMBING UNTUK ANAK

Setiap anak yang baru lahir dianjurkan untuk mengonsumsi ASI. Sebab ASI memiliki sejumlah kandungan terbaik untuk tumbuh kembang anak.

Namun nyatanya, ada beberapa situasi dan kondisi yang membuat anak harus mendapatkan asupan susu tambah selain ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuhnya untuk hariannya. Salah satunya susu yang dapat menjadi altenatif itu adalah susu kambing.

susu kambing adalah susu yang memiliki nilai gizi tinggi. Dengan protein bernilai biologis tinggi, dan sumber asam lemak rantai pendek, menengah, mineral, dan vitamin yang baik.

Dalam segelas susu kambing terdapat kandungan sekitar  170 kalori, 27 miligram, kolesterol, 11 gr karbohidrat, 10 gr protein, dan 6,3 miligram lemak jenuh. Tak hanya itu, jenis susu ini juga mengandung nutrisi  yang sangat penting lainnya seperti seng, selenium, potasium, fosfor, tembaga, riboflavin, dan vitamin A, vitamin B2, vitaminC, serta  vitamin D.

MANFAAT SUSU KAMBING UNTUK ANAK

susu kambing memiliki beberapa manfaat untuk anak seperti:

*kaya zat besi

Lebih dari 50 persen, zat besi yang ditemukan dalam susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh, dibandingkan dengan 13persen, dari susu sapi. Seorang bayi mendapat lebih banyak zat besi per ml dari susu kambing dibandingkan 1 ml susu sapi.

*anti inflamasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu kambing memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu memelihara bakteri BAIK pada usus. Kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit radang pencernaan seperti  penyakit radang usus besar.

*lemak mudah dicerna

Dibandingkan dengan protein yang ada pada  susu sapi, protein susu kambing kurang padat. Lemak yang dimiliki dalam susu kambing terdiri dari asam lemak rantai pendek yang mudah pecah. Itu artinya susu kambing dapat  cepat dicerna lebih cepat dan lebih baik dibandingkan susu sapi.

*mencerdaskan anak

Salah satu manfaat penting susu kambing adalah untuk menjaga kesehatan otak anak tetap optimal. Hal ini karena adanya kandungan Riboflavin (Vitamin B2) dan vitamin B3 dalam susu sapi. Kedua zat ini sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang sel otak dan sel sistem saraf.

*menguatkan dan menyehatkan tulang

Kondisi anemia dapat membuat kesehatan tulang bayi menurun. Menurut sebuah penelitian, individu yang kehilangan mineral dalam tulang yang diakibatkan anemia akan membaik jika diberikan susu kambing. Oleh karena itu, susu kambing mungkin baik untuk  mengobati bayi yang menderita anemia.

 

*anti peradangan

Berbagai penelitian menyatakan bahwa susu kambing memiliki sifat anti-peradangan. Maka, mengonsumsi susu kambing dapat memelihara bakteri baik di usus. Adanya kandungan tersebut juga dapat mengobati penyakit radang usus seperti colitis

 

*pengganti ASI paling aman

Susu kambing etawa dapat menetralkan senyawa yang bersifat asam seperti ASI,akan  tetapi susu sapi bersifat asam.Beberapa ahli menyatakan bahwa kadar pH susu kambing yang ideal membuatnya menjadi pilihan yang paling baik untuk bayi.Kadar PH yang ideal ini dapat mengurangi kemungkinan  terjadinya infeksi gastrointestinal.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *